Fenomena Teknologi Terheboh selama 2013


beritaAkhir tahun 2013 sudah di penghujung mata. Di dunia teknologi, cukup banyak berita heboh yang bermunculan dan menyita perhatian publik.

Misalnya saja aksi akuisisi yang terjadi antar perusahaan teknologi besar. Ataupun terbongkarnya rahasia intelijen Amerika Serikat oleh Edward Snowden.

Berita teknologi apa saja yang dinilai paling menghebohkan di tahun 2013? Berikut beberapa di antaranya yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Aksi Penyadapan NSA

Edward SnowdenSosok bernama Edward Snowden banyak dibicarakan kiprahnya di tahun 2013. Ia menyatakan bahwa pemerintah Amerika Serikat memata-matai pengguna internet dengan meminta data dari berbagai perusahaan seperti Facebook sampai Google.

Edward membocorkan aksi penyadapan pemerintah AS kepada media Inggris The Guardian dan juga Washington Post. Dia memang pernah bekerja sebagai asisten teknis di lembaga intelijen CIA dan juga mantan karyawan di National Security Agency (NSA).

Snowden pun menjadi incaran pemerintah AS, namun berhasil kabur ke Hong Kong. Kemudian, ia berhasil mengungsi ke Rusia dan belum tertangkap sampai sekarang.

Edward membocorkan program penyadapan oleh pemerintah AS yang disebut sebagai PRISM. Di mana NSA mengumpulkan data termasuk chat audio video, foto, email dan material lain dari perusahaan seperti Microsoft, Google dan Apple.

2. Akusisi Nokia oleh Microsoft

nokia microsoftNokia akhirnya memutuskan mau dibeli oleh Microsoft. Akuisisi senilai sekitar USD 7 miliar itu saat ini sudah dalam tahap finalisasi.

Sejak dipimpin Stephen Elop, gosip bahwa Nokia akan dibeli Microsoft memang sudah terendus. Pasalnya, Elop adalah mantan eksekutif Microsoft.

Terlebih lagi, Nokia juga memakai Windows Phone dan mengesampingkan Android. Padahal, popularitas Android jauh melampau Windows Phone sampai sekarang.

Belum diketahui apa yang akan dilakukan Microsoft pada Nokia jika proses pembelian sudah rampung, yang dijadwalkan pada awal tahun depan.

3. Perang Konsol Game

Microsoft Corp. Xbox One Midnight Launch EventDua produsen konsol game besar merilis jagoan barunya di tahun 2013. Siapa lagi kalau bukan Sony dengan PlayStation 4 dan Microsoft dengan Xbox One.

Keduanya dipasarkan menjelang musim belanja akhir tahun dan sama sama mencetak sukses besar. Disebutkan, Xbox One telah genap terjual sebanyak dua juta unit dalam periode 18 hari di 13 negara.

Dengan demikian bisa disimpulkan, rata-rata ada 111.111 unit konsol yang terjual setiap harinya. Microsoft boleh saja berbangga hati dengan prestasi penjualan konsol Xbox One.

Dari sisi kuantitas memang jumlahnya masih sedikit di bawah Sony yang berhasil menjual 2,1 juta unit pekan lalu. Namun dari sisi harga yang lebih mahal USD 100, pencapaian itu jelas sangat lumayan mengingat PS4 hanya dibanderol USD 39.

4. Google Glass & Jam tangan Pintar

beritaTahun 2013, beberapa gadget yang dinilai akan menjadi tren besar bermunculan. Yaitu, perangkat pintar yang bisa dipakai di tubuh manusia.

Yang sering menjadi pemberitaan adalah Google Glass. Sebuah kacamata pintar yang terhubung internet dan punya beragam fungsi, termasuk memotret.

Meski kerap dikritik karena dinilai mengabaikan privasi, Google Glass rencananya akan dipasarkan secara massal tahun depan.

Beberapa jam tangan pintar generasi pertama juga sudah dirilis, seperti Sony Smartwatch dan Samsung Galaxy Gear. Ke depan, teknologi jam tangan pintar diprediksi kian canggih saja.

5. Fenomena Bitcoin

<

p>bitcoinBeberapa otoritas di berbagai negara tengah dihebohkan oleh munculnya sejenis mata uang baru bernama Bitcoin. Mata uang ini digunakan untuk membeli berbagai macam jenis barang secara internasional dari ponsel sampai mobil.

Bitcoin merupakan mata uang digital yang diperkenalkan di dunia pertama kali pada 2009 oleh seorang tak dikenal yang menggunakan nama alias Satoshi Nakamoto.

Dalam transaksi Bitcoin, tidak menggunakan perantara, atau tanpa bank. Selain itu, tidak ada komisi atau biaya administrasi untuk tiap transaksi. Setiap pembeli juga tidak perlu memberikan nama asli.

Bitcoin bisa dimiliki siapa saja. Bisa dengan cara instan dengan membeli dari pedagang Bitcoin, atau dengan cara mencari dengan bantuan piranti atau software khusus.

source

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s