10 Kebiasaan yang Tak Sehat, dari Tidur Tengkurap Hingga Bersila (1)


Kebiasaan tak sehat

Kebiasaan tak sehat

Jakarta Meski Anda sudah mengatur pola makan dengan baik, rutin olahraga, dan tidur cukup, bukan berarti Anda bebas dari penyakit. Ada beberapa kebiasaan yang tampaknya wajar namun ternyata memberikan pengaruh buruk. Apa sajakah kebiasaan itu?

Dilansir Prevention, Senin (20/1/2014), berikut artikel bagian pertama 10 kebiasaan tak sehat yang sebaiknya Anda ubah sesegera mungkin:

1. Duduk bersila atau dengan kaki menyilang di lutut

Kaki Menyilang

Kaki Menyilang

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Blood Pressure Monitoring, duduk bersila atau dengan kaki menyilang di lutut dapat meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah sistolik meningkat hampir 7 persen dan diastolik sebesar 2 persen.

“Sering duduk dengan melipat kaki juga menempatkan tekanan pada sendi pinggul dan dapat menyebabkan pengumpulan darah di kaki,” ujar Stephen T. Sinatra, MD, FACC, ahli jantung dan penulis The Great Cholesterol Myth.

Menurut Sinatra, jika dilakukan terus-menerus hal ini dapat memicu munculnya peradangan pembuluh darah dari kaki bagian bawah dan bahkan bekuan darah. Ia menyarankan Anda untuk tidak duduk dalam posisi tersebut selama lebih dari 10 menit. Usahakan untuk bangun dan berjalan-jalan setiap setengah jam sekali.

2. Berdiri dengan lutut ‘terkunci’

Berdiri terkunci

Berdiri terkunci

Berdiri dengan lutut terkunci adalah ketika Anda berdiri dengan posisi lutut benar-benar lurus. Meskipun sebenarnya berdiri dalam posisi ini memang lebih mudah dilakukan, namun kebiasaan ini dapat meningkatkan tekanan pada sendi lutut.

“Semua sendi pada dasarnya distabilkan oleh aktivasi otot-otot di sekitarnya,” ungkap David W. Kruse, MD, spesialis ortopedi dari Hoag Orthopedic Institute di Irvine, California.

“Ketika Anda berdiri dengan lutut terkunci, Anda tak lagi efisien menggunakan otot-otot yang mengelilingi sendi. Akibatnya, tekanan ke sendi meningkat. Oleh sebab itu, ketika berdiri sebaiknya lakukan dengan lutut sedikit ditekuk,” lanjutnya.

3. Tidur tengkurap

Tidur tengkurap

Tidur tengkurap

“Tidur tengkurap berarti Anda menempatkan leher dalam posisi miring. Posisi ini dapat menyebabkan rasa sakit atau mati rasa pada ekstremitas atas,” ujar Richard Lee, MD, ahli bedah tulang belakang di Hoag Orthopedic Institute.

Dalam posisi leher seperti ini pula saraf akan menjadi dikompresi, yang kemudian menyebabkan rasa sakit. “Ada baiknya Anda mengganti posisi tidur secara berkala agar tekanan dan nyeri tak lagi muncul,” terangnya.

 

 

4. Memakai ikat pinggang terlalu kencang

Pinggang kencang

Pinggang kencang

Memakai ikat pinggang yang kencang mungkin memang akan membantu membentuk tubuh Anda menjadi lebih ramping, namun bisa menjadi bumerang dalam bentuk masalah pencernaan, di antaranya tekanan intra-abdomen, yang dapat mengakibatkan refluks asam atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

Menurut Patrick Takahashi, MD, kepala gastroenterologi di St Vincent Medical Center, LA, gejala GERD awalnya bisa berupa rasa pahit di mulut, sensasi terbakar atau nyeri di dada atau daerah atas perut, batuk kronis, dan kesulitan menelan.

Oleh sebab itu, Dr Takahashi merekomendasikan Anda untuk mengenakan ikat pinggang tidak lebih kencang daripada ukuran pinggang celana. Dengan begitu, Anda masih bisa menghirup dan menghembuskan napas dengan rasa nyaman.

5. Bungkuk

bungkuk

bungkuk

“Membungkuk dapat menyebabkan nyeri bahu ketika otot-otot stabilisator bahu ditekan oleh tulang belikat,” papar David Geier, MD, ahli bedah ortopedi di Charleston, Carolina Selatan.

Selain itu, postur tubuh yang buruk juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot, yang kemudian berisiko menimbulkan kompresi lebih lanjut.

 

 

 

dapatkan penjelasan perilaku berikutnya disini,,, ^_^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s