10 Kebiasaan Paling Tak Sehat Saat Makan dan Cara Aman Menghentikannya (1)


makan tak sehat

makan tak sehat

Jakarta Makan merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Oleh sebab itu, beberapa kebiasaan buruk yang Anda lakukan saat sedang makan tentu akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Untuk mencegahnya, yuk ubah kebiasaan Anda mulai saat ini.

Dilansir ABC News, Senin (20/1/2014), berikut 10 cara membebaskan diri Anda dari kebiasaan paling tak sehat saat makan bagian pertama:

1. Minum anggur merah setiap malam

Anggur Merah

Anggur Merah

Meskipun anggur merah atau red wine beberapa kali disebutkan memiliki manfaat kesehatan, namun bukan berarti Anda boleh meminumnya setiap setelah makan malam. Terlalu banyak mengonsumsinya justru akan membuat berat badan Anda merangkak naik.

“Benar, terlalu banyak minum anggur merah dapat menambahkan tambahan kalori yang Anda konsumsi tanpa disadari,” ujar Amy Goodson, MS, RD, ahli diet.

Menurut Amy, 147 ml anggur merah mengandung sekitar 125 kalori. Untuk memperbaiki kebiasaan ini, Amy menyarankan Anda untuk menggunakan gelas berukuran lebih kecil. “Semakin kecil gelasnya, semakin sedikit anggur yang Anda minum,” lanjutnya.

2. Menggunakan pemanis buatan setiap kali makan dan minum

Pemanis Buatan

Pemanis Buatan

Jika Anda pikir pemanis buatan bebas kalori, Anda harus mempertimbangkannya kembali. Sebuah artikel terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Trends in Endocrinology & Metabolism mengaitkan produk pemanis buatan dengan obesitas, diabetes tipe 2, dan masalah sindrom metabolik, sama seperti masalah kesehatan yang berhubungan dengan makanan sarat gula.

“Satu-satunya cara untuk benar-benar mengatasi kebiasaan memakai pemanis buatan adalah menggunakannya sejarang mungkin dan belajar untuk menyukai asupan yang tak manis,” tutur Amy.

Untuk tahap awal, cobalah untuk menggunakan kurang dari satu sachet pemanis buatan setiap kali Anda minum kopi, teh, atau oatmeal. Jika belum terbiasa, Anda bisa juga menambahkan madu.

3. Menambahkan garam sebelum mencoba makanan

Tambahan Garam

Tambahan Garam

Sebagian orang biasanya akan menambah garam setiap kali akan makan, bahkan sebelum mencoba apakah makanan tersebut kurang asin. Nah, jika Anda salah satunya, ini saatnya untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Satu sendok teh garam mengandung 2.300 mg sodium, sama seperti batas sehat penggunaan sodium untuk orang dewasa (1.500 mg untuk orang dengan hipertensi).

Makanan lain seperti makanan kalengan, makanan cepat saji, dan bumbu-bumbu instan biasanya juga sudah mengandung kadar garam yang tinggi. “Sangat penting bagi Anda untuk mencicipi makanan sebelum menambahkan garam atau perasa ekstra di dalamnya,” terang Keri Gans, MS, RD, CDN, ahli gizi yang berbasis di New York dan penulis ‘The Small Change Diet’.

4. Jarang minum air putih

Air Putih

Air Putih

Faktanya dalam ‘dunia minuman’ air putih memang kurang menarik baik dari segi warna maupun rasa, sehingga banyak orang lebih memilih untuk memesan minuman lain. Padahal kurang minum air putih atau dehidrasi dapat membuat Anda kelelahan, kulit menjadi kering, dan sembelit.

Cobalah untuk membiasakan diri minum delapan atau lebih gelas air putih dalam sehari. Akan lebih mudah jika Anda membawa sendiri botol air putih yang bisa selalu Anda konsumsi setiap saat, terutama setelah makan.

5. Tidak pernah merencanakan menu makan

Menu Makan

Menu Makan

Selalu memutuskan menu makanan saat sedang lapar bukanlah pengaturan pola makan yang baik. Saat sedang lapar, keinginan untuk makan dalam porsi besar dan dengan menu variatif dipastikan akan meningkat.

“Rencanakan menu makan Anda untuk sepekan ke depan setiap hari Minggu. Setelah itu, pastikan dapur Anda memiliki beragam bahan makanan tersebut. Itu adalah langkah pertama untuk memiliki pola makan sehat,” ujar Gans.

Gans menyarankan Anda untuk selalu menyediakan asupan sepertti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran beku, telur, yoghurt, sereal tinggi serat, buah, dan daging ayam di dapur.

source

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s