10 Kebiasaan Paling Tak Sehat Saat Makan dan Cara Aman Menghentikannya (2)


makan tak sehat 2

makan tak sehat 2

Jakarta – Siapa bilang kebiasaan saat makan tak akan memberi pengaruh apapun terhadap kesehatan tubuh Anda? Hati-hati, jika terus menerus dilakukan, bukan tak mungkin nutrisi dari menu makanan sehat yang Anda konsumsi tak terserap sempurna oleh tubuh.

Dilansir ABC News, Senin (20/1/2014), berikut artikel bagian kedua 10 cara membebaskan diri dari Anda kebiasaan paling tak sehat saat makan:

1. Makan sambil melakukan kegiatan lain

Makan Sambil Nonton

Makan Sambil Nonton

 

Sangat mudah untuk ‘melupakan’ seberapa banyak Anda sudah makan saat tak fokus pada makanan yang ada di depan Anda. Daripada makan camilan sambil berdiri di dapur atau saat menonton TV, Amy menyarankan Anda untuk lebih baik siapkan camilan sehat dan kemudian duduk.

“Pilih protein seperti yoghurt dan buah, sereal gandum dan buah-buahan lain. Setelah itu, berjalanlah keluar dari dapur hanya dengan camilan sehat yang Anda ambil tadi,” lanjutnya.

2. Menunda waktu makan dan membiarkan perut merasa lapar

Menunda Makan

Menunda Makan

Membiarkan diri sendiri kelaparan sepanjang hari sama sekali bukan cara yang sehat untuk mengatur asupan kalori, meskipun hal itu disebabkan karena Anda akan menghadiri jamuan makan di malam harinya. “Melewatkan makan adalah cara yang paling pasti untuk membuat Anda makan berlebihan di waktu berikutnya, tidak peduli sebaik apapun tujuan awal Anda,” ujar Gans.

Sebaliknya, tetaplah berpegang pada jadwal makan rutin Anda. Dengan begitu, pada waktu malam harinya Anda masih dapat menikmati makanan tanpa nafsu makan yang berlebih.

3. Makan terus-menerus setelah olahraga

Makan Sehabis Olahraga

Makan Sehabis Olahraga

“Olahraga memang membakar kalori dan membuat Anda lapar. Untuk menghindari kalori yang masuk melebihi yang keluar, konsumsi makanan kaya nutrisi yang membuat Anda merasa kenyang, seperti asupan tinggi serat, protein, dan lemak sehat,” terang Amy.

Makanan yang dimaksud di antaranya seperti biji-bijian dan sayuran tinggi serat. Keduanya akan membuat Anda kenyang dengan lebih sedikit kalori. Selain itu, protein dan lemak sehat juga dapat memperlambat pencernaan dan membuat Anda kenyang lebih lama.

4. Makan sehat selama sepekan, tetapi tak terkendali di akhir pekan

Makan Tak Terkendali

Makan Tak Terkendali

Makan sehat selama sepekan bukan berarti Anda bisa ‘balas dendam’ dengan banyak makan di akhir pekan. “Melampiaskan nafsu makan di akhir pekan akan menghilangkan semua upaya sehat Anda selama sepekan, terutama jika Anda ingin menurunkan berat badan,” tutur Gans.

Oleh sebab itu, cobalah untuk konsisten meskipun Anda sedang berada pada akhir pekan jika Anda ingin terus melihat hasilnya. Selain itu, sediakan camilan sehat dan usahakan untuk tetap berolahraga agar keinginan untuk makan tak meningkat saat sedang tak ada kegiatan.

5. Terbiasa mengikuti pesanan orang lain

Ikut Pesanan Orang

Ikut Pesanan Orang

 

Jika Anda membiarkan orang lain ‘memimpin’ saat Anda memesan makanan di restoran, Anda mungkin akan berakhir dengan mengonsumsi lebih banyak kalori dari yang Anda hitung. Cobalah untuk tak terpengaruh dengan makanan yang dipesan oleh orang lain dan jadikan Anda sebagai pemimpin tubuh Anda sendiri.

“Jika teman-teman Anda ingin memesan pizza pepperoni, sarankan untuk mengganti toppingnya dengan sayuran dan tambahkan salad sayuran hijau juga untuk Anda, siapa tahu yang lain kemudian akan mengikuti Anda,” ungkap Gans.

source

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s