Spesifikasi, fitur dan Harga Nokia X, X+ dan XL


Nokia X

Nokia X

Penyelenggaraan Mobile World Congress 2014 di Barcelona, Spanyol benar-benar dimanfaatkan oleh vendor-vendor gadget dunia. Tak kurang mulai Samsung, HTC, Nokia, Lenovo dan kabar teranyar Blackberry melaunching produk gadget terbarunya. Soo, bagi anda pecinta teknologi gadget, segera sisihkan anggaran untuk memperbarui gadget anda dengan teknologi terbaru. Untuk kali ini kita akan membahas seri produk Nokia X yang baru saja di presentasikan dan sepertinya mampu menggoda banyak audience,, yuk simak spesifikasi dan harga yang ditawarkan:

Seperti menjawab beberapa desas-desus isu akan kebangkitan kembali seri handphone Nokia, tak hanya 1 (satu), tapi langsung tiga seri yakni Nokia X, X+ dan XL. Belajar dari data pemasaran windows phone yang tak terlalu menjanjikan, saat ini vendor asli Finlandia ini menghadirkan smartphone berbasis OS Andorid, namun dikembangkan sendiri oleh tim Android Open Source Project Nokia. Dikenal dengan Nokia X Software Platform 1.0, setara dengan Andorid 4.4 KitKat digunakan pada ketiga ponsel Nokia terbaru. Bedanya,,?? Tentu saja rasa Windows Phone melalui tampilan icon, tak heran karena memang Microsoft telah mengakuisisi Nokia.

Nokia X 2

Nokia X 2

Untuk keluarga Android Nokia X ini, sudah terinstal aplikasi bawaan Windows Phone seperti aplikasi peta Nokia Here, Mix Radio untuk mendengarkan 22 juta lagu secara online maupun offline, OneDrive untuk menyimpan file sampai 10 GB, Skype yang bisa gratis teleponan ke mana saja selama sebulan, dan tentu saja Nokia Store yang di dalamnya juga ada ribuan aplikasi Android pilihan selain 245 ribu aplikasi yang didesain untuk Windows Phone. Oh iya, semua perangkat keluarga Nokia X ini juga sudah menyediakan aplikasi dan game buatan pihak ketiga, seperti Plants vs. Zombies 2, Viber, Vine dan Twitter.

Pilihan enam warna hijau cerah, merah cerah, cyan, kuning, hitam dan kuning ditawarkan untuk menarik minat gadget freak. Tak mau ketinggalan, full taouchscreen pun disematkan. Saat digenggam pun rasanya cukup mantap. Untuk Nokia X dan Nokia X+, ukuran bodinya tak jauh beda. Sangat pas di genggaman tangan orang Indonesia. Keduanya menggunakan layar sentuh kapasitif 4 inch dengan resolusi 800×480 pixel. Bagi pengguna pemula, mungkin Nokia X ini sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Tapi bagi yang ingin punya speed agak kencang, Nokia X+ bisa jadi pilihan. Harganya toh tak jauh berbeda.

Seri Nokia X

Seri Nokia X

Nokia X sebagai varian termurah dibanderol dengan harga 89 euro. Harganya di Indonesia belum ditetapkan. Mungkin berkisar Rp 1,4 jutaan dengan tambahan pajak dan lain-lain. Harga segitu cukup lumayan mengingat jeroan Nokia X sudah mengandalkan prosesor dual core Snapdragon 200 dengan kecepatan clock 1 GHz dan RAM sebesar 512 MB.

Jika ingin spek RAM lebih tinggi, 768 MB, Nokia X+ yang dibanderol 99 euro atau sekitar Rp 1,6 juta ini bisa jadi pertimbangan. Di Nokia X+ ini juga disertakan micro SD berkapasitas 4 GB dalam paket penjualannya. Selebihnya, kedua ponsel Android Nokia ini punya spek yang hampir sama, yang membedakan hanya dari sektor RAM. Untuk internal juga sama-sama hanya 4 GB, namun pengguna dapat meningkatkannya lewat slot micro SD hingga kapasitas 32 GB. Sedangkan untuk kameranya, Nokia X dan Nokia X+ yang mengusung baterai 1500 mAh menawarkan kamera 3 MP. Sayangnya tak ada kamera depan.

Keluarga ketiga yang diperkenalkan terakhir dari rangkaian produk ini ialah Nokia XL. Spesifikasinya juga kurang lebih sama, namun layarnya lebih besar ketimbang dua ponsel tadi. Layar ponsel ini punya lebar 5 inch. Cocok bagi yang suka layar besar untuk main game atau nonton film. Ponsel ini selain punya kamera belakang 5 MP autofocus dengan flash, juga menawarkan kamera depan 2 MP. Cocok untuk para penikmat selfie, maupun yang hobi video call dengan Skype, atau bahkan video call dengan BlackBerry Messenger (BBM) yang sudah terinstal di dalamnya. Harga Nokia XL ini cuma ditawarkan dengan harga 109 euro atau sekitar Rp 1,7 jutaan ditambah pajak dan lainnya. Sama halnya dengan seri X dan X+, di Nokia XL ini juga tersedia slot untuk dua kartu SIM Card. Secara keseluruhan, ketiga ponsel ini bisa dibilang cukup murah. Dengan spek yang lumayan oke dan sebuah nama besar seperti Nokia, seharusnya tidak sulit bagi Nokia untuk menjualnya.

Nokia XL

Nokia XL

Tapi kita lihat saja, apakah ponsel ini akan booming begitu hadir di Indonesia awal kuartal kedua tahun ini, paling lama akhir Maret-April nanti.

Anda berminat?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s