Samsung resmi luncurkan Galaxy S5


Galaxy S5

Galaxy S5

Seperti yang telah diduga sebelumnya, akhirnya Samsung secara resmi memperkenalkan ponsel pintar Android andalannya, Galaxy S5, di sela-sela ajang Mobile World Congress, Barcelona, Spanyol, pada Senin (24/2/2014) waktu setempat. Forum Mobile World Congress ini benar-benar dimanfaatkan para vendor gadget semisal Nokia, Samsung, Blackberry, HTC bahkan Lenovo turut meluncurkan gadger terbaru untuk kelas mid-low.

“Saya tidak ingin membuat Anda menunggu lebih lama lagi,” kata JK Shin, President and CEO Head of IT and Mobile Communications Division Samsung Electronics, sembari memperlihatkan video Galaxy S5 untuk pertama kalinya.
Secara sepintas, Galaxy S5 memiliki desain yang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan Galaxy S4. Di bagian muka, tidak terdapat perbedaan yang terlalu berarti. Terdapat dua buah soft button, yang ditemani dengan sebuah tombol fisik.

Perubahan yang benar-benar terlihat terjadi di bagian belakang cangkang dari Galaxy S5 ini. Samsung menyebut desain dari bagian ini dengan kata “modern glam“.

Seperti dikutip dari Engadget, Selasa (25/2/2014), sebenarnya Samsung menggunakan bahan “mirip kulit” di bagian tersebut. Namun, jangan berpikir bahwa bagian tersebut mirip dengan bahan yang digunakan di Galaxy Note 3. Di area tersebut, perusahaan asal Korea Selatan ini dikatakan menggunakan bahan polycarbonate yang dicampur dengan kaca fiber, mirip dengan Nexus 7. Penggunaan bahan tersebut dikatakan membuat perangkat ini tidak terasa licin ketika digunakan.

Sebagai gambaran, di seri sebelumnya, Samsung menggunakan bahan plastik mulus, yang membuatnya terasa cukup licin ketika dipegang.

Salah satu perbedaan yang paling terasa dibandingkan seri Galaxy S sebelumnya adalah kemampuan Galaxy S5 untuk tahan air dan debu. Perangkat ini dilengkapi dengan sertifikasi IP67.

Galaxy S5 yang langsung dibekali dengan Android 4.4.2 Kitkat memiliki bentang layar yang lebih besar ketimbang Galaxy S generasi sebelumnya. Galaxy S5 dibekali layar sebesar 5,1 inci, berbanding 5 inci pada Galaxy S4. Keduanya sama-sama menggunakan panel layar Super AMOLED dengan kualitas Full HD.

Dari segi jeroan, Samsung Galaxy S5 dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Ponsel ini dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 801 2,5 GHz quad-core, RAM 2 GB, media penyimpanan berkapasitas 16 atau 32 GB, dan baterai 2.800 mAh.

Yang menjadi perhatian, Galaxy S5 hanya dibekali RAM 2 GB, padahal produk Samsung lainnya, Galaxy Note 3, yang dirilis belakangan sudah menggunakan RAM sebesar 3 GB. Sementara Android Sony terbaru, Xperia Z2, juga sudah memakai RAM 3 GB.

Dari sektor kamera, Galaxy S5 mempunyai sensor 16 megapiksel yang memiliki kemampuan merekam dalam kualitas UHD (4K) dan real-time HDR. Di bagian depannya, terdapat kamera 2,1 megapiksel.

Akhirnya Samsung mengaplikasikan sensor pengenal sidik jari di Galaxy S5. Sensor tersebut terletak di bagian tombol fisik Home. Fungsinya adalah untuk meng-unlock ponsel tersebut.

Selain itu, ia juga dapat menjalankan Private Mode, di mana pengguna dapat membuka folder “rahasia”, yang berisi dokumen, foto, dan lain-lain. Sidik pengenal jari ini juga dapat digunakan untuk kegiatan verifikasi pembayaran mobile.

Galaxy S5 mendukung jaringan koneksi 4G, Bluetooth 4.0, infra-merah, dan NFC. Adapun untuk WiFi, perangkat ini menggunakan sebuah komponen yang dinamakan WiFi MIMO (802.11ac). Samsung mengklaim, WiFi ini mampu mencapai kecepatan dua kali lipat dari WiFi standar.

Samsung Galaxy S5 sendiri akan dirilis ke pasar secara global ke 150 negara pada 11 April mendatang. Sayangnya, Samsung belum membeberkan harga dari perangkat tersebut.

source

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s