5 Tips China Kuno Agar Tetap Sehat dan Panjang Umur


Sehat dan Panjang Umur

Sehat dan Panjang Umur

Sejak ribuan tahun yang lalu, budaya China sudah akrab dengan alam dan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan alam, serta mengaplikasikannya di hampir setiap aspek kehidupan. Dan secara tradisional, banyak cara ditemukan untuk membantu meningkatkan kondisi kesehatan serta lebih panjang umur. Resep ini diturunkan dari generasi ke generasi, dengan harapan agar tetap bisa dilestarikan.

Dicatat oleh theepochtimes.com, ada beberapa tips China kuno yang dipercaya dapat meningkatkan kondisi kesehatan serta membuat usia lebih panjang.

<

p style=”text-align:center;”>Tips 1. Pusat kesehatan

Kepala adalah pusat kecerdasan dan kesehatan manusia. Menurut TCM (Traditional Chinese Medicine) ada 12 titik meredian yang bisa ditekan untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Namun, ada satu titik utama yang perlu ditekan yaitu titik di kepala. Apabila Anda kesulitan, maka gunakan saja sisir berbentuk sikat yang memiliki bulatan-bulatan di ujungnya. Sisir tersebut akan membantu menekan titik-titik penting di kepala.

Dan disarankan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sisirlah kepala tiga kali sehari. Di pagi hari, setelah jam makan siang, dan di malam menjelang tidur. Masing-masing waktu yang dibutuhkan setidaknya 2 menit, 60-100 gerakan.

Selain membantu meningkatkan metabolisme tubuh, cara ini dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur, mencegah uban, serta meningkatkan nafsu makan, dan agar tubuh lebih enerjik.

Tips 2. Telapak kaki

Kaki adalah jantung kedua bagi manusia, di mana terdapat titik-titik penting yang dapat menjaga kondisi kesehatan. TCM percaya bahwa adalah lebih dari 60 titik di kaki yang berhubungan dengan 12 titik meredian di organ internal.

Pengobatan kuno menyarankan agar Anda selalu memijat bagian titik Yongquan, yang berada di 1/3 tengah kaki dari ujung atas.

Menekan yiyik ini setiap hari akan membantu memperlancar peredaran darah, meredakan sakit kepala, mengobati hernia, mengobati insomnia, mengobati penyakit jantung, menyembuhkan sakit tenggorokan, dan berbagai penyakit lainnya.

Tips 3. Menelan ludah

Menurut kamus kesehatan China, menelan ludah 300 kali sehari akan membantu memperpanjang umur. Air ludah sendiri dapat melembutkan organ internal, melubrikasi tenggorokan dan menjernihkan pikiran. Selain itu air liur juga mencegah bakteri berkembang, menghentikan pendarahan, menjaga kesehatan gigi, melawan virus, sebagai obat pencernaan dan lain sebagainya.

Tips 4. Pijatan suami istri

Jika Anda sudah menikah, maka miliki waktu khusus untuk saling memijat punggung masing-masing. Pijatan ini manfaatnya adalah menstimulasi sistem saraf, merilekskan otot, mencegah dan mengobati sakit di punggung.

Selain itu, pijatan ini juga akan menjernihkan otak, menenangkan serta mencegah insomnia bahkan sakit kanker.

Ada dua jenis teknik pijatan untuk punggung, yaitu patting dan hitting. Patting adalah teknik memijat dengan telapak tangan. Sedangkan hitting adalah teknik memijat dengan kepalan tangan.

Tips 5. Peregangan tubuh

Stretching atau peregangan tubuh adalah hal yang penting dan bahkan secara otomatis dilakukan saat Anda menguap. Tidak perlu malu, karena justru gerakan ini juga membantu meningkatkan peredaran darah serta mencegah aneka penyakit.

Peregangan yang benar adalah dengan mengangkat kedua tangan, menghirup udara sebanyak-banyaknya dan mengumpulkannya di paru-paru, kemudian perlahan mengeluarkan udara tersebut. Lakukan beberapa kali dan rasakan keluar masuknya oksigen ke dalam tubuh Anda.

Kabarnya, peregangan ini juga dapat membantu memperlancar pembuluh darah yang tersumbat, merilekskan, membantu nutrisi dikirim lebih maksimal ke otak, dan lain sebagainya.

source

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s