Beda Produk Ready Stock (RS) dengan Pre Order (PO)


untuk menjembatani adanya miskomunikasi gadget PO yang admin Jual, berikut kami jelaskan tentang metode PO yang kami anut, monggo disimak,,, ^_^

singkatnyaa,, READY STOCK itu stock barangnya udah ada, udah emang tersedia gitu di tokonya. Kalau udah pesan langsung bayar Full Payment baru kemudian barang yang kamu mau langsung dikirim ke tempat kamu.

kalo PRE ORDER ato biasa di online shop disingkat jadi PO itu kan barangnya kudu dipesen dulu, biasanya sih barang2 luar negeri, pembayarannya juga biasanya DP (Down Payment) dulu atau Full langsung (tergantung OS yang bersangkutan)

Ready Stock Gramedia

Ready Stock Gramedia

contoh:
suatu hari kamu lihat disalah satu Online Shop (OS) ada baju bagus import dari china terus kamu bilang sama mbaknya kalau kamu mau barang itu,stelah kamu pesan and uda bayar DP baru si pmilik OS nya mesan ke suppliernya di China. Jadi dari situ tar suppliernya yang dari negeri China itu ngirim baju yang kamu pesen ke pmilik OS nya (biasanya sih pengiriman butuh waktu berminggu2,yah maklum aja kan jauh, namanya juga pengiriman antar negara) baru kmudian kalau udah sampa ke tangan OS nya si pmilik OS ini ngasi tau kamu kalau barangnya udah nyampai and baru kamu bayar sisa uangnya abis itu barangnya dikirim deh ke kamu hehehehehe

Istilah ready stock dan pre-order ini tak hanya muncul dalam jual-beli kovensional (offline) seperti halnya Anda pergi ke pasar, toko, Mall, dan sebagainya, tapi juga sering muncul dalam jual-beli online.
Karena kan memang, kalau seseorang mau buka bisnis, perlu modal uang. Nah, ada orang yang modalnya banyak, bisa beli bahan baku, lalu bikin produk, kemudian digelar di toko dan dijual.
Tapi, ada juga orang yang buka bisnis dengan modal seadanya. Dia cuma bangun toko, tapi belum ada modal buat beli bahan baku dan bikin produk. Jadi, dia bikin foto suatu produk di kertas, lalu foto itulah yang dipajangnya di tokonya. Kalau ada orang yang tertatik dengan barang yang ada di kertas itu, lalu orang itu pun memesan, dan membayar, barulah si penjual bisa beli bahan baku dan membuat sebuah produk.
Soal pre-order ini, memang banyak macamnya.
  • Ada yang pelanggan bayar dulu, lalu barangnya dibuat.
  • Ada juga sistem yang pelanggan bayar uangnya setengah dulu, lalu barangnya dibuat, lalu kalau sudah jadi, si pelanggan bayar sisa biaya yang belum dibayar.
  • Ada juga sistem yang begitu pelanggan memesan, barangnya langsung dibuat, dan si pelanggan pun bayar uangnya ketika hendak mengambil barang yang sudah jadi tersebut.
Masing-masing sistem pasti punya sisi kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa orang maunya cuma cari barang yang ready stock saja. Karena, mereka pingin cepat-cepat memakai barang itu. Mereka nggak suka sama barang pre-order, karena nanti barangnya lama sampai ke tangan mereka. Kudu tunggu tiga hari dulu, atau satu minggu dulu, atau bahkan satu bulan dulu, baru barangnya dibikin. Kemudian sampai ke tangan mereka. Cape deh? Hehehe!
Tapi tak sedikit juga orang yang malas belanja ready stock dan malah suka belanja barang pre-order. Contohnya, misal, kalau barang ready stock itu sering cepat habis stocknya. Karena yang namanya barang ready stock itu kan digelar begitu saja, siapa yang mau beli, silahkan ambil. Jadinya yah orang pun berebut siapa cepat dia dapat.  Jadi, ada orang yang mau pesan pre-order saja. Dia malas lomba cepat-cepatan berebut barang yang terbatas itu. Akhirnya pun dia pre-order saja. Biarlah barangnya lama sampai ke tangannya, tapi barang itu pasti akan sampai ke tangannya.
kira-kira Anda lebih memilih beli produk ready stocknya atau pre-ordernya? Hehehe! Pokoknya banyak macem-macem sistemnya. Bisa jadi, malahan yang pre-order lebih murah. Atau mungkin kalau beli yang pre-order bisa dapat suatu bonus. Ntah itu bonus gantungan kunci, tanda tangan, dan lain-lain. Dan lain-lain deh, banyak macam sistemnya. Pun barangnya itu bukan hanya seperti yang saya sebutkan di atas seperti buku, kue, dan baju. Pokoknya, banyak deh cabang implementasinya pada macam-macam produk.
Sekiranya ada yang Anda tanyakan, silahkan saja.  Atau justru Anda lebih banyak tahu daripada yang ada disini? Mohon di-share dong. 
Advertisements

2 thoughts on “Beda Produk Ready Stock (RS) dengan Pre Order (PO)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s